Ternyata Pendaftaran Asuransi BPJS sudah Online
 02 Sep 2014 00:00  asuransi  Berita  Umum

Gembar-gembor asuransi BPJS Kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di media nasional sangat gencar. Tentu saja masyarakat sangat antusias menyambutnya. Lalu bagaimana mendaftarnya ...br

BPJS Kesehatan merupakan jaminan kesehatan nasional untuk memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatannya. Dengan demikian setiap warga negara Indonesia berhak menjadi anggota BPJS Kesehatan dan mendapatkan jaminan kesehatan. Tentunya karena baru diresmikan Januari 2014, maka belum semua warga terdaftar menjadi anggota. 


Sebagai informasi ada tiga kelas perawatan yang ditawarkan oleh BPJS Kesehatan, yaitu

- Perawatan Ruang Kelas I,   Rp. 59.500,-/bulan

- Perawatan Ruang Kelas II,  Rp. 42.500,-/bulan

- Perawatan Ruang Kelas III, Rp. 25.500,-/bulan

Biaya asuransi ini berlaku untuk setiap anggota BPJS dan setiap keluarga hanya dapat memilih satu jenis kelas perawatan yang sama. Jadi jika misalnya nanti anda mendaftarkan keluarga sebanyak 4 orang (2 orang orang tua dan 2 anak) dengan pilihan kelas perawatan III maka total biaya perbulan yang harus dibayarkan sebesar Rp. 102.000,-.


Berdasarkan pengalaman dalam mengurus bpjs, sangatlah tinggi antusias masyarakat. Jadi ketika datang ke kantor BPJS, antreannya panjang dan akan menghabiskan waktu yang banyak. Saya coba cari-cari informasi pendaftarannya di internet. Ternyata pendaftaran BPJS dapat dilakukan secara online. Hanya saja kartu BPJS bukan berbentuk kartu aslinya tetapi berbentuk file yang bisa di print dan dilaminating sebagai pengganti kartu. Bahkan anda sebenarnya bisa menggunakannya dengan menggunakan smartphone atau tablet anda di klinik atau rumah sakit yang bekerjasama.


Yang harus diperhatikan, jika anda sudah terdaftar sebagai peserta ASKES sebelumnya maka harus ada pengecekan secara manual. Sehingga tidak bisa didaftarkan sebagai peserta baru BPJS secara online.


Yuk simak teknis pendaftarannya. Sebelumnya persiapkan dulu data-data yang dibutuhkan untuk mendaftar, yaitu:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga
  • NPWP (jika ada)
  • Alamat Email
  • No. HP yang bisa dihubungi
Nah sekarang mulai mendaftar, ikuti tahapan berikut:
  1. Kunjungi website BPJS --- http://www.bpjs-kesehatan.go.id/
     

  2. Arahkan 'mouse' ke menu 'Layanan Peserta' kemudian pilih 'Pendaftaran Peserta
     
     
  3. Untuk mendaftar klik tombol 'Pendaftaran' disebelah kanan bawah.
  4. Isikan data-data yang dibutuhkan dengan huruf KAPITAL sesuai tab yang tersedia yaitu Identitas, Alamat, Faskes Kesehatan Tingkat I, dan bagian Khusus WNA
  5. Jangan lupa isikan juga data FASKES Kesehatan Tingkat I sesuai dengan domisili anda. Faskes ini berisi fasilitas kesehatan seperti klinik atau rumah sakit terdekat dari domisili anda yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.
  6. Terakhir isikan email dan kode gambar angka untuk memverifikasi pengisian anda.
  7. Klik simpan, tunggu sampai ada pesan berhasil dan email untuk aktifasi dikirim ke email yang diisikan.
  8. Buka email dan lakukan aktifasi pendaftaran. Ingat untuk pendaftaran keluarga harus kepala rumah tangga dulu yang di aktifasi
Tampilan halaman formulir pendaftaran:


Contoh tampilan email untuk aktifasi:


Catatan: Menu Cetak e-ID hanya muncul jika sudah membayarkan iuran BPJS ke Bank.



Berikut contoh kartu e-ID BPJS
Yah lebih baik bukan bagi orang-orang yang waktunya amat berharga. Daftar online saja. Jika target pemerintah ingin seluruh warga negara menjadi peserta BPJS maka tidak cukup dengan mengharapkan pendaftaran melalui antrian kantor BPJS dan online. Pemerintah harusnya menggunakan stuktural kelurahan untuk lebih cepat meningkatkan jumlah peserta BPJS.

Itu saja semoga bisa memberikan manfaat.

Download artikel ini berikut
pdfpendaftaran_bpjs_kesehatan_online.pdf