3 Info yang Wajib Diketahui Pengguna KRL pada 1 April 2017
 30 Mar 2017 00:00  Kereta api  Berita  Umum

PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) sebagai anak Perusahaan PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus meningkatkan layanannya mulai dari pembenahan sistem dan sarana


PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) sebagai anak Perusahaan PT Kereta Api Indonesia (KAI) akhir-akhir ini terus meningkatkan layanannya mulai dari pembenahan sistem dan sarana hingga pembangunan sejumlah infrastruktur perkeretaapian khususnya di wilayah Jabodetabek.

Pembenahan itu mulai bergulir sejak diputuskannya penerapan sistem e ticketing pada sekitar 3 tahun lalu. Sejak saat itu, layanan komuter Jabodetabek menunjukkan tren positif atau membaik ditandai dengan meningkatnya jumlah penumpang yang beralih menggunakan moda transportasi massal ini dengan alasan kenyamanan, murah, aman dan bebas polusi serta lebih cepat dibanding moda transportasi publik lainnya. Saya pun bisa merasakan peningkatan itu.

Nah, ada info penting khususnya bagi para pengguna setia komuter Jabodetabek (KRL Mania), terhitung mulai 1 April 2017, KCJ akan menerapkan sejumlah kebijakan baru sesuai Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2017 yang telah disahkan oleh Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan menggantikan Gapeka 2015. Apa saja itu? Berikut 3 informasi layanan terbaru KCJ yang wajib pengguna KRL ketahui.

Pertama, KRL Rangkasbitung - Tanah Abang beroperasi penuh mulai 1 April 2017. PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) akan mulai mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) hingga ke Rangkasbitung. Rencananya ada 16 perjalanan PP yang melayani penumpang di lintas Rangkasbitung-Tanah Abang. Persiapannya sudah 100 persen.

"Dari persiapan yang telah dilakukan sejak awal tahun dan sejumlah uji coba, kami telah siap sepenuhnya untuk melayani para pengguna KRL sampai ke Rangkasbitung," kata Direktur Utama PT KCJ, M N Fadhila dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Persiapan yang telah dilakukan meliputi penyediaan infrastruktur e-ticketing di stasiun yang akan dilewati KRL seperti stasiun Rangkasbitung dan Stasiun Citeras.

Sebelum sistem baru ini berlaku, penumpang tujuan ke stasiun Rangkasbitung maupun Angke dilayani dengan lima rangkaian kereta lokal. Terhitung  1 April 2017 besok, seluruh rangkaian kereta lokal akan digantikan dengan Kereta Rel Listrik hingga stasiun Tanah Abang. Penumpang yang ingin ke Angke bisa berpindah kereta di stasiun Tanah Abang. 

Hanya saja pengguna juga harus tahu kalau tarif KRL nantinya berbeda dengan tarif KA lokal yang berlaku sebelumnya. KRL akan menggunakan tarif berdasarkan jarak tempuh (tarif Progresif) sesuai mekanisme pentarifan yang berlaku saat ini yakni 25 kilometer pertama sebesar Rp 3000 dan untuk 10 kilometer kelipatan dikenakan penambahan 1000 rupiah.

Meskipun ada perbedaan tarif, para pengguna kereta dari Rangkasbitung dan sekitarnya kini tidak perlu khawatir kehabisan tiket karena KRL tidak mengenal sistem pembatasan tiket, sehingga para pengguna dapat selalu membeli tiket kereta untuk jadwal keberangkatan KRL terdekat.

Kedua, Delapan KRL Jakarta Kota - Bekasi akan melalui jalur Senen. Sebelumnya seluruh perjalanan di lintas ini melalui jalur stasiun Jatinegara, Manggarai, Gondangdia, dan stasiun Jakarta Kota. Mulai 1 April 2017 akan ada 8 perjalanan yang akan melewati stasiun Senen dengan rute Jatinegara, Pondok Jati, Senen, Kampung Bandan dan Jakarta Kota.

Jadwal KRL nya sebagai berikut :
- KRL Bekasi ke Jakarta Kota berangkat pukul 05.38, 08.21, 12.48, 15.14, sementara dari Jakarta Kota ke Bekasi berangkat pukul 07.05, 10.06, 13.57, dan 16.46 WIB.

Tujuan pemberlakuan ini agar bisa mengurai kepadatan antrian kereta di stasiun Manggarai sekaligus memenuhi kebutuhan pengguna KRL di lintas Bekasi yang ingin rute lain. Selain solusi jangka panjang yang sudah disiapkan dengan pembangunan jalur ganda atau Double doubel Track (DDT) lintas Manggarai - Bekasi yang akan memisahkan jalur KRL dengan Kereta Jarak Jauh.

Ketiga, Top Up KMT bisa dilakukan di Gerai Alfamart. Pengguna KRL tidak harus berdesak-desakan di stasiun untuk top up KMT karena mulai 1 April 2017 top up bisa dilakukan di Alfamart. Ada 495 gerai Alfamart yang di sekitar stasiun berlogo khusus yang dapat melayani top up ini. Untuk Tiket Harian Berbayar (THB) segera menyusul. Cara top up nya sama seperti yang dilakukan di loket atau vanding machine. Pengguna hanya perlu memilih nominal top up yang diinginkan lalu membayar di kasir. 

Ruang Kendali atau Commuter Control Room untuk memantau aktivitas seluruh stasiun Jabodetabek yang terpantau CCTV selama 24 jam.