BSS Startup Forum bersama Microsoft
 04 Feb 2017 00:00  Aplikasi  Berita  Aplikasi

Layanan BizSpark Azzure program khusus bagi para startup

Sore kemarin, Jumat 3 Februari 2017 bertempat di Kantor Bank Sahabat Sampoerna (BSS), Gd. Sampoerna Strategic Square, Jakarta, Saya bersama mas Dede mewakili blogger TDB (Tau Dari Blogger) hadir di acara BSS Startup Forum. Agenda mingguan yang digagas Bank Sahabat Sampoerna bertujuan menjalin komunikasi antar para startup agar mereka bisa saling berbagi pengetahuan atau peluang kerjasama baik antar startup maupun startup dengan BSS.

Forum kali ini menghadirkan narasumber dari Microsoft Indonesia antara lain mas Irving Hutagalung selaku Technical Developer Experience & Evangelism Group Microsoft Indonesia didampingi Mba Maretha Dewi selaku Senior Partner Bussiness Evangelist Developer Experience serta tim Microsioft lainnya.

Saya bersama sekitar 20 peserta lainnya yang umumnya para Startup memenuhi Prosperity Room BSS bersama Pak Ong Tek Tjan juga Pak Ristu dari pihak BSS. Audience terlihat semangat mendengarkan pemaparan dari tim Microsoft.

Dalam kesempatan itu, Irving mengawali presentasinya dengan memperkenalkan layanan BizSpark Azzure program khusus bagi para Startup.  Di program ini, para startup akan mendapatkan berbagai layanan seperti Windows, Microsoft Office, SQL Server dan Cloud Computing yang free selama 3 tahun. Caranya para startup mengajukan diri yang selanjutnya akan diverifikasi oleh pihak Microsoft. Irving mengatakan syarat startup yang bisa ikut program ini adalah usia startup dibawah 5 tahun, income di bawah 1 juta US Dollar dan hanya memiliki layanan online saja sementara yang juga memilki layanan offline tidak diterima. Jumlah kredit (pulsa) yang akan diberikan bagi startup yang lolos seleksi adalah sebanyak 9000 US Dollar selama 3 tahun. Microsoft Azzure juga bisa mendukung open source lainnya seperti Apache, Ubuntu dan MySQL serta tersedia lebih dari 900 software Microsoft MSDN (Microsoft Development Network) yang bisa didownload.

Salah satu yang menarik dalam sesi sharing dengan Irving kala itu adalah informasi bshwa Microsoft telah mengembangkan teknologi semacam 'face detector' yang bisa digunakan untuk membaca identitas seseorang baik data profile seperti jenis kelamin, usia, bahkan keadaan emosi orang tersebut hanya dengan memotret wajah orang tersebut. Software atau aplikasi ini nantinya bisa digunakan dalam LED monitor promo yang biasa terpasang di dinding atau lift-lift perkantoran serta di pusat perbelajaan. Alat ini mampu menyesuaikan konten iklan bagi target yang diinginkan apakah untuk laki-laki atau perempuan, anak-anak remaja atau orang dewasa dan sebagainya dengan demikian, iklan/promo akan lebih efektif dan tepat sasaran.

Irving mempersilahkan para audience untuk berkonsultasi seputar program apa saja terkait IT support khususnya bagi para startup.

Yang juga menarik soal pentingnya memproteksi keamanan piranti lunak milik kita sedini mungkin agar cost perbaikannya tidak mahal jika sewaktu-waktu piranti lunak kita terkena serangan hacker. Menurut Irving, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan seringnya mengganti pasword meskipun itu tidak menjamin kita akan terbebas dari serangan. "Setiap orang bisa diserang," kata Irving. So, dibutuhkan persiapan sejak dini tatkala membuat aplikasi.

Akhirnya saya katakan, banyak wawasan yang bisa saya peroleh dalam forum startup sore itu, khususnya terkait IT dan bisnis. So, jika kalian startup dan tertarik menggunakan layanan BizSpark Azzure milik Mictosoft, kalian bisa menghubungi mas Irving melalui emailnya : irving.hutagalung@microsoft.com.