Murid dan Kentang Busuk
 29 Oct 2014 14:52  Inspirasi

Untuk mereka yang telah tersakiti, pernah dikecewakan dan masih menyimpan dendam dalam dadanya.

 'let go (ikhlas) dan Let God (pasrah pada Nya),

Suatu ketika seorang guru bertanya kepada anak muridnya tentang arti sebuah dendam, kemarahan dan rasa benci.  Namun Tidak ada satupun murid yang bergegas menjawab, kemudian guru itupun langsung  memberikan tugas kepada setiap murid agar esok hari seluruh murid di kelas itu membawa satu kantung plastik kentang busuk yang diikatkan di pinggang masing-masing murid.

 

Keesokan harinya semua murid itupun datang ke sekolah dengan membawa sekantung plastik seperti yang ditugaskan gurunya.  hari berganti hari, kantung itu terus saja dibawa oleh seluruh murid ke sekolah.  Hingga pada suatu waktu, guru itupun kemudian menyuruh seluruh murid untuk meletakkan seluruh barang bawaaanya. lalu satu persatu murid ditanya. "apa yang kamu rasakan selama membawa kentang busuk itu?" tanya guru itu. 

kemudian murid pun menjawab satu persatu, ada yang mengatakan, sangat terbebani, tersiksa, bau, pusing dan lain sebagainya. "rasa dendam, benci, sakit hati, tidak menerima kenyataan, adalah sama dengan kentang busuk itu, ia akan membebani hidupmu, menyiksa pikiran dan perasaaamu, membuatmu tidak bisa tidur" sahut guru itu. "dendam, rasa kecewa, dan sakit hati, yang selalu akan membebani memberatkan dan mengganggu hidup kalian.kalian akan bawa kemana-mana, selama kalian tidak mencoba ikhlas memaafkan org lain,dirimu dan masa lalumu" ujar guru itu melanjutkan.

 

Sepenggal kisah di atas memberikan sebuah pelajaran bagi kita, untuk selalu bersikap 'let go (ikhlas) dan Let God (pasrah pada Nya), menaruh semua beban mental dan emosi kita, membiarkannya ia pergi dan menjauh dari kehidupan kita. Sehingga hidup akan tenang,damai danenteng.  jika kita menperoleh 'kentang busuk' itu di tempat kerja, maka pastikan dia jangan dibawa ke rumah, begitupun sebaliknya, pastikan kita pulang ke rumah membawa buah segar bukan kentang yang sudah busuk.  praktikkan ke dalam diri, setiap kali kita mendapatkan masalah hidup dan rasakan apa yang akan terjadi.