Puasa Tapi Nothing?
 18 Jun 2015 10:44  Inspirasi

Banyak orang berpuasa, namun yang ia peroleh hanya sekedar lapar dan dahaga, apakah kita termasuk golongan seperti itu?

Puasa di bulan Ramdhan hukumnya wajib.  Oleh karena itu, barangsiapa yang mengaku dirinya sudah beriman baik laki-laki maupun perempuan, tua atau muda, sepanjang mereka tidak mengalami kondisi yang diperbolehkan untuk  tidak berpuasa atau  rukshah (keringanan), maka mereka harus berpuasa. apa saja rukshah itu, misalnya, orang sakit dan orang dalam perjalanan, perempuan yang sedang haid, orang tua yang sudah lanjut usia, orang sakit, dan mereka yang bekerja berat.

secara garis besar golongan orang berpuasa dapat di bagi menjadi tiga tingkatan, yaitu puasa orang-orang awam, puasa orang-orang khusus, dan puasa yang paling khusus dari yang khsusus.  puasa orang awam adalah puasa yang puasa hanya sekedar menahan lapar dan haus semata, serta segala hal yang membatalkna puasa secara lahiriah.  sehingga pahalanya pun hanya sekedar itu saja.  puasanya belum bisa mengangkat dirinya ke tingkat yang lebih tinggi, seperti menahan hawa nafsu menjaga lisan, tangan dan anggota-anggota badannya dari hal-hal yang tercela.

sementara puasa orang-orang khusus adalah puasa yang dilakukan tidak saja menahan makan dan minum pada siang hari, namun sudah meningkat kejenjang menahan hawa nafsu, pendengaran dan penglihatan, lisan dan seluruh anggota badannya dari perbuatan tidak terpuji. mereka setingkat lebih tinggi dari puasa orang awam.

sedangkan puasa orang paling khusus adalah puasa yang hatinya ikut berpuasa, dari niat dan kecendrungan yang rendah, melepaskan diri dari hal-hal yang bersifat kemewahan duniawi serta bisa memalingkan diri dari segala sesuatu selain Allah SWT.  mereka ini adalah para zuhud, ahli ibadah.  puasa tingkatan ini dianggap rusak jika sudah dinodai dengan anggan-angan atau pikiran selain Allah SWT, dan hari akhir, kecuali memang dimaksudkan untuk kepentingan agama dan bekal hari akhir serta menafikkan kehidupan duniawi. (Dari berbagai sumber)