KOMUNIKASI NONVERBAL

 30 Jul 2015 14:41  Pengetahuan  Pendidikan

Komunikasi nonverbal adalah penting, sebab apa yang sering kita lakukan mempunyai makna jauh lebih penting daripada apa yang kita katakan.  Ucapan atau ungkapan klise seperti “sebuah gambar sama nilainya dengan seribu kata” menunjukkan alat-alat indra yang kita gunakan untuk menangkap isyarat-isyarat nonverbal sebetulnya berbeda dari hanya kata-kata yang kita gunakan.  Salah satu dari beberapa alasan yang dikemukakan oleh Richard L weaver (1993) bahwa kata-kata pada umumnya memicu salah satu sekumpulan alat indra seperti pendengaran, sedangkan komunikasi nonverbal dapat memicu sejumlah alat indra seperti penglihatan, penciuman, perasaan, untuk menyebutkan beberapa.  Dengan sejumlah alat indra yang teransang tampaknya orang akan merespon isyarat-isyarat nonverbal secara emosional, sedangkan reaksi mereka kepada hanya kata-kata lebih bersifat rasional.  Hal yang sama dapat dibuat orientasi bagi otak kanan dan otak kiri.  Nonverbal cendrung lebih kepada otak kanan yang  bersifat afektif atau emosional.  Kata-kata cenderung lebih kepada otak kiri yang bersifat kognitif atau rasional.

Namun demikian harus jelas bahwa pengetahuan kita mengenai komunikasi nonverbal tidaklah lengkap atau sempurna. Pengenalan pertama mengenai komunikasi nonverbal pada zaman Aristoteles sekitar 400-600 SM, tetapi pendekatan kontemporer mengenai komuniksi nonverbal dapat ditelusuri pada karya Charles Darwin dalam bukunya The Expression of Emotions in Man and Animal. Tetapi meskipun sejumlah besar studi dan pendekatan dewasa ini, kita saja belajar mengenai cara-cara bagaimana  komunikasi nonverbal mempengaruhi manusia.  kita masih saja belajar mengenai perbedaan anatara manusia dalam menyampaikan komunikasi nonverbal dan mengerti komunikasi nonverbal itu. Kita juga masih saja belajar cara-cara di mana komunikasi nonverbal mempunyai arti dalam kehidupan manusia.



ORANG MURTAD HARUS DIBUNUH?

 22 Jun 2015 21:44  Pengetahuan  Pendidikan
Anjing menggigit manusia itu bukan berita tapi kalau manusia yg menggigiti anjing itu baru berita,tapi tidak selalu begitu juga, bisa jadi berita kalau yg digigit adalah artis terkenal, terkait itu, ada sebuah berita 'heboh' akhir-akhir ini (kata sebagian orang), padahal menurut saya itu biasa saja, karena mungkin karena ia adalah publik figure, lantas menjadikan itu berita heboh? ya. dia adalah Lukman Sardi, aktor terkenal di Indonesia telah konversi agama, lantas bagaimana seandainya jika org biasa pindah agama apakah bisa jadi berita heboh?.  Tidak berhenti disana, ada beberapa pihak yang ekstrem menuntut bahwa orang pindah agama atau murtad harus dihukum mati? berikut ini tulisan yang layak jadi alternatif opini.


Gangguan dan Rintangan Komunikasi

 09 Jun 2015 15:35  Pengetahuan  Pendidikan
Komunikasi adalah elemen penting dalam kehidupan sosial manusia.  karena tanpa komunikasi maka peradaban manusia tidak akan tercipta. Selain itu, dengan komunikasi, banyak hal yang akan diperoleh manusia  yaitu pertukaran informasi, ilmu pengetahuan, hiburan, dan empati.    



Perbedaan Intuisi, Ramalan, dan Empati

 02 Jun 2015 02:18  Pengetahuan  Kesehatan
Dalam tubuh manusia tersimpan potensi yang luar biasa jika dikembangkan.  kemampuan prediksi masa depan, melihat yang ghoib, membantu orang lain, menemukan benda atau orang yang hilang dan banyak lagi.  disadur dalam artikel omtimes magazine, ada tiga kemampuan khas itu, yaitu intuisi, cenayang/peramal dan empati.